Kamis, 17 Oktober 2013

Seputar Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)Masih lanjut tentang postingan kemarin tentang topik Pendidikan yakni Apa itu STAN?, maka sekarang saya akan membahas kenapa dan apa Kelebihan STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Perlu diingat, STAN itu merupakan PTK di bawah naungan Kemenkeu, jadi setelah lulus dari STAN, kamu akan diangkat jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan dibeberapa instansi pemerintah di lingkungan Kementerian Keuangan maupun di luar kementerian keuangan seperti BPKP, Pegadaian, BPK, dan sebagainya. Selain diangkat CPNS, STAN tidak pernah memungut biaya kuliah (SPP per semester, Uang Gedung, dsb.) selama mengikuti pendidikan/perkuliahan. Malah kita mendapat uang saku ikatan dinas juga lho. Memang enak sih jadi Mahasiswa STAN, mau cari kerja udah dicariin, mau bayar kuliah uda dibayarin, mau beli buku uda dipinjami dari perpustakaan, hehehehehehe. Sampai detik ini pun, lulusan STAN tidak pernah ada yang menganggur sampai saat ini. Jadi, kalau kamu mau kuliah GRATIS dan lulus kuliah langsung dapat kerja, mungkin STAN bisa dipilih dan dipertimbangkan untuk kamu yang akan lulus SMA/SMK/Sederajat.


Pendidikan STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No. 289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.

Lulusannya wajib kerja selama tiga kali masa pendidikan ditambah satu tahun (3N+1, read: N=Masa Kuliah). Lulusan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Setelah lulus pendidikan dan ditempatkan di instansi-instansi tersebut akan diproses pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan golongan II A untuk lulusan Prodip I Keuangan dan golongan II C untuk lulusan Prodip III Keuangan. Setelah bekerja dan mengikuti Diklat Pra Jabatan Tingkat II akan diproses pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan pangkat Pengatur Muda/golongan II A untuk lulusan Prodip I Keuangan dan pangkat pengatur/golongan II C untuk lulusan Prodip III Keuangan.

Menurut pengalaman Mahasiswa STAN sendiri, waktu kuliah di STAN itu memang kuliahnya serasa bener-bener santai, nyaman, jarang ada tugas, dosennya baik-baik, dan bahkan ada dosen dalam waktu satu semester itupun nggak ngasih tugas sama sekali, enak kan?

Bagi kamu yang mempunyai finansial dan perekonomian yang pas-pas.an atau kelas menengah ke bawah, mungkin STAN itu kuliah yang cocok buat kamu. Selain meringankan beban orang tua, kamu juga bisa mengabdi kepada Negara. Berikut ini tabel kelebihan kuliah di STAN:

Kelebihan STAN

STAN memang bukan jalan satu-satunya menuju kesuksesan, namun STAN merupakan bagian dari salah satu jalan alternatif menuju kesuksesan. Masih banyak kok universitas-universitas yang lebih bonafit, ternama, berkualitas di Indonesia seperti ITB, ITS, UGM, UNAIR, UNESA, UB, dsb. Semoga informasi ini bermanfaat.

http://hambyah.com/2013/03/23/kenapa-harus-pilih-stan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar